Booking Hotel by Pegipegi

loading...
Loading...

Perawatan Berkala All New Honda CB150R

Tidak terasa 2 bulan sudah saya mengendarai All New Honda CB150R. Selama 2 bulan ini, sudah dicoba dipakai untuk rutinitas pekerjaan rute Tasikmalaya-Kuningan PP via Jahim. Odometer All New Honda CB150R juga sudah hampir 1000 km, itu artinya sudah waktunya untuk melakukan perawatan berkala I sesuai dengan jadwal perawatan berkala pada buku service dan garansi CB150R.

Buku service dan garansi CB150R
Buku service dan garansi CB150R

Selama pemakaian mula atau inreyen sepeda motor baru Honda CB150R, saya melakukan sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, terutama pada 500 km pertama. Pada inreyen sepeda motor baru ini tidak digunakan untuk pemakaian yang ekstrim.

Pada diskusi di beberapa forum otomotif, ada yang menyarankan untuk mengganti oli sepeda motor pada 500 km, tetapi itu tidak dilakukan. Alasannya karena yang pasti keekonomisan dan menurut manual pengunaan sepeda motor baru juga tidak diperlukan penggantian pelumas pada 500 km pertama.

Selama pemakaian 2 bulan pertama dan jarak tempuh hampir 1000 km, tepatnya 965 km, secara umum tidak dirasakan keluhan yang berarti. Keluhan yang terasa cuma dari gigi 1 ke netral agak sedikit susah dan ada sedikit getaran halus pada ketika pada gigi 2 dan 3 dalam posisi jalan menanjak.

Rencana awal, sepeda motor akan diservice pertama di Tasikmalaya, di AHASS tempat membeli sepeda motor, tetapi karena aktifitas sehari-hari ada di Kuningan, terpaksa diservice di AHASS Kuningan.

Hal ini tidak menjadi masalah, toh kupon perawatan berkala 1-3 berlaku di AHASS seluruh Indonesia.

Stempel perawatan berkala I di monitoring jadwal perawatan berkala
Stempel perawatan berkala I di monitoring jadwal perawatan berkala

Pelayanan service di AHASS Kuningan cukup baik, sambil menunggu motor di-service disediakan minuman (air putih, teh atau kopi), ada wifi gratis biar gak bosan dan dapat mengisi baterai handphone (tersedia charger gratis)

Keluhan yang terasa disampaikan ke mekanik yang bertugas dan dicatat. Perawatan berkala I tidak berlangsung lama hanya sekitar 1 jam berikut antri.

Pada perawatan berkala I ini tidak ada penggantian suku cadang. Menurut buku service, pada perawatan berkala I, hanya cukup ganti oli saja. Oli pada perawatan berkala I ini diberikan secara gratis. Oli gratis untuk sepeda motor Honda CB150R pada perawatan berkala I ini adalah oli AHM MPX1 1,2 liter.

Setelah proses service selesai, keluhan gigi 1 susah netral sudah teratasi dengan pengaturan setelan kopling. Semoga getaran halus mesin juga hilang setelah perawatan berkala All New Honda CB150R. Rencananya sore ini akan dicoba rute Kuningan Tasikmalaya via Jahim.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Loading...