loading...
Loading...

Indahnya Tari Saman Kolosal di Aceh

Dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, telah digelar Tari Saman Kolosal. Tari Saman kolosal ini digelar di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues pada hari Minggu tanggal 13 Agustus 2017. Jumlah peserta Tari Saman kolosal ini diikuti oleh 12.662 penari. Pagelaran Tari Saman kolosal ini dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Sejarah Superlatif Rekor Dunia.

Indahnya Tari Saman Kolosal di Aceh
Indahnya Tari Saman Kolosal di Aceh. Foto : youtube Baranews Prov. Aceh.
Menurut informasi dari catatan MURI, Tari Kolosal Saman ini memecahkan 'rekor sebagai tarian kolosal dengan penari terbanyak di dunia. Menurut catatan, rekor sebelumnya adalah sebanyak 5.057 penari pada tahun 2014.

Peserta Tari Saman kolosal ini berasal dari 4 kabupaten, yaitu : Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Gayo, dan Kabupaten Aceh Timur. Peserta Tari Saman ini semuanya terdiri dari laki-laki. 

Pada zaman dahulu, Tari Saman digelar setahun sekali, setiap setelah panen. Masyarakat menggelar tradisi Tari Saman sebagai pengikat silaturahmi antara masyarakat dari desa yang satu dengan desa lainnya. 

Tari Saman, selain dikenal sebagai tarian pemersatu, juga ada jalinan kekerabatan antara sesama penari Saman. Jalinan kekerabatan khusus antara penari Saman ini dinamakan Sirinen Gayo, yang artinya adalah keluarga Saman, yang lebih erat hubungan batinnya daripada keluarga sedarah.

Untuk menyaksikan Tari Saman Kolosal di Aceh ini dapat dilihat pada channel youtube Baranews Prov. Aceh berikut.


Semoga Tari Saman yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai tarian warisan budaya selalu dapat dilestarikan dan ada regenerasi penari.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Loading...