loading...
Loading...

Jalur Kereta Api Banjar-Pangandaran-Cijulang Akan Direaktivasi

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyampaiakan bahwa beliau ingin mengembalikan budaya naik kereta. Kang Emil ingin Jawa Barat seperti Eropa, masyarakat ke mana- mana bisa naik kereta karena nyaman dan terintegerasi. Sejalan dengan hal tersebut, Kang Emil mendapat dukungan dari Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro.

Dirut PT KAI siap mendukung Ridwan Kamil untuk menghidupkan kembali jalur kereta api yang saat ini tak difungsikan. Ada 4 jalur kereta api mati di Jawa Barat yang akan direaktivasi, salah satunya adalah jalur kereta api mati Banjar-Pangandaran -Cijulang.



Jembatan Cikacepit pada jalur mati rute kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang
Jembatan Cikacepit pada jalur mati rute kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang

Rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api mati di Jawa Barat tersebut telah dibahas dengan direktur PT KAI beserta jajarannya, di Gedung Sate Bandung.

Reaktivasi jalur kereta api yang telah lama mati ini dipandang menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi. Hal ini karena daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api dinilai bisa tumbuh perekonomiannya karena ada pergerakan orang dan barang.

Kang Emil mengharapkan agar proyek reaktivasi jalur kereta api mati di Jawa Barat ini mampu selesai, dan dapat langsung terintegerasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, rencana reaktivasi membutuhkan dukungan dari masyarakat Jawa Barat, terutama dalam hal penertiban warga yang tinggal di sekitar rel yang sudah bertahun-tahun tidak aktif itu.

Reaktivasi jalur kereta api mati di Jawa Barat ini akan dievaluasi mana yang paling mungkin dilakukan secepatnya. Pilihan akan diutamakan untuk jalur kereta api yang lebih akomodatif membantu masyarakat, baik untuk mengangkut orang maupun barang, seperti misalnya hasil bumi.

Semoga rencana reaktivasi jalur kereta api Banjar-Pangandaran-Cijulang dapat terlaksana secepatnya.

***dari berbagai sumber***

3 comments:

  1. blog nya banyak ttg kereta..:) wahh seru nih ponakan saya suka bgt keretaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir dan komentar ya Gan... ditunggu kunjungan berikutnya

      Delete
  2. sueeerrrr? dukung banget kalau kayak gini. semakin banyak orang yang naik KAI deh. lantujkan pak Ridwan Kamil!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...