Booking Hotel by Pegipegi

loading...
Loading...

Puncak Jahim, Jalan Aternatif Tasikmalaya Cikijing

Apabila mendengar kata Jahim, yang pertama kali terlintas di pikiran adalah pasti berhubungan dengan neraka. Ya, memang ada yang namanya Neraka Jahim. Neraka Jahim seperti yang digambarkan di dalam Al Quran, adalah tempat yang sangat menakutkan.

Tetapi Jahim di sini tidak ada kaitannya dengan neraka. Puncak Jahim atau supaya lebih keren bisa disebut Jahim Pass adalah jalur jalan alternatif Tasikmalaya menuju Cikijing, selanjutnya dapat menuju ke Kuningan dan Cirebon atau menuju ke Majalengka.

Puncak Jahim jalur jalan alternatif Tasikmalaya Kuningan. Foto : Google Street View.
Puncak Jahim jalur jalan alternatif Tasikmalaya Kuningan. Foto : Google Street View.

Apabila dari arah Malangbong dan akan menuju ke Kuningan atau Cirebon atau Majalengka, melewati Puncak Jahim akan sangat menyingkat jarak tempuh. Dari arah Malangbong, dapat belok di Pamoyanan menuju ke arah Pondok Pesantren Suryalaya.

Jalur jalan Tasikmalaya Kuningan menjadi jalan alternatif terbaik ketika mudik Lebaran, karena bisa langsung menggunakan Tol Cipali. Rute ini akan menghindari kemacetan parah di sekitar Nagreg atau di Kadipaten Tasikmalaya.

Inilah tanjakan Jahim. Tanjakannya cukup curam, berkelok, dan banyak. Berhati-hatilah, karena jalanannya kecil. Mobil minibus biasa berpapasan itu pas banget. Setelah selesai puncakpun, turunannya cukup curam. Pastikan kendaraan remnya pakem. Ini mungkin yang sebelumnya membuat serem dan menakutkan dari tanjakan Jahim ini, apalagi kalau dulu jalanannya belum hotmix, masih pasir dan batu.

Puncak Jahim sekitar 5-7 km dari mulai nanjak. Terdapat beberapa warung kopi yang menyediakan jajanan dan makanan ala kadarnya untuk menghangatkan badan. Kamu bisa selfie di sekitar warung-warung tersebut dengan background hutan pinus yang tinggi, mirip Cikole, Lembang.

Di sekitar puncak Jahim terdapat area rekreasi berupa trek sepeda dan sepeda air di kolam yang cukup besar, warung nasi, dan juga penginapan. Dari puncak Jahim ini kamu bisa melihat Gunung Ciremai yang sangat buessaarrr dan berwarna biru, kalau cuaca lagi cerah. Kamu akan merasa gunung itu benar-benar di depan hidungmu.

Alamat Puncak Jahim berada di Jalan Cikijing-Panjalu, Cibeureum, Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46264. Koordinat Puncak Jahim tepatnya berada pada titik S7.062456, E108.304228.

Untuk memudahkan menemukan lokasi Puncak Jahim, dapat dilihat pada Google Maps berikut.



Apabila melihat peta citra satelit Google Maps di atas, terlihat jelas kalau sekitar Puncak Jahim nampak hijau. Artinya masih memiliki tutupan vegetasi yang baik. Banyaknya pohon ini tentunya akan membuat udara menjadi segar.

Jalur jalan alternatif melewati Puncak Jahim, dapat di-routing menggunakan GPS, baik GPS online (waze atau google maps) atapun GPS offline (garmin, navitel, sygic, 7ways atau sejenisnya).

Apabila menggunakan jalur jalan alternatif Puncak Jahim, Tasikmalaya (simpang 5) sampai ke pertigaan Cikijing jaraknya adalah 51,6 km. Sedangkan apabila menggunakan jalur Ciamis, Tasikmalaya (simpang 5) ke pertigaan Cikijing jaraknya 65,8 km.

Tasikmalaya-Cikijing via Puncak Jahim
Tasikmalaya-Cikijing via Puncak Jahim

Tasikmalaya-Cikijing jalur normal via Ciamis
Tasikmalaya-Cikijing jalur normal via Ciamis

Artinya apabila menggunakan jalur jalan alternatif Puncak Jahim dari Tasikmalaya ke Cikijing dibandingkan menggunakan jalur normal via Ciamis, jaraknya lebih dekat 14,2 km. Jarak yang lumayan untuk mengurangi waktu tempuh.

Meskipun lebih dekat, tetapi harus dipastikan kondisi mobil atau motor dalam kondisi baik dan memiliki skill mengemudi yang baik. Hal ini karena jalur jalan alternatif Puncak Jahim ini sempit, berkelok dengan topografi berat.

Meskipun jalannya kecil dengan geometri jalan yang berkelok, tetapi dengan pemandangan yang indah, Puncak Jahim dapat dijadikan jalan alternatif Tasikmalaya Cikijing.

6 comments:

  1. ouwhh...baru tau nih mas...jalan alternatif puncak jahim....

    ReplyDelete
  2. Asyik banget ya Tasik, masih banyak hutan2nya segerr.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahim itu perbatasan ciamis majalengka

      Delete
  3. Replies
    1. eta sigana asal na tina RPH Jahim di KPH Majalengka hehehe

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...