loading...
Loading...

Jalur Mudik Alternatif Bandung-Banjar via Manonjaya

Ketika musim mudik Lebaran, biasanya jalan yang biasanya sepi bisa tiba-tiba berubah menjadi rimba kemacetan. Kota Tasikmalaya dan Ciamis merupakan salah satu kota yang memang sehari-hari cenderung sepi. Tetapi ketika musim mudik begini, bisa tiba-tiba terjadi kemacetan di mana-mana.

Saya ingin berbagi supaya bisa melintasi Kota Tasikmalaya dan Ciamis dengan nyaman, terutama dari arah Barat ke Timur. Kecuali yang memang tujuannya adalah Tasikmalaya atau Ciamis. Karena pada umumnya Tasikmalaya dengan Ciamis hanya perlintasan saja.

Jalur Tasikmalaya Banjar via Manonjaya
Jalur Tasikmalaya Banjar via Manonjaya
Selain memberikan informasi untuk kenyamanan kawan-kawan yang mau mudik, juga supaya lalu lintas dalam kota Tasikmalaya gak terlalu rame kalau pemudik gak melewati kota hehehe...

Ok, kita mulai saja. Kota Tasikmalaya itu pintu masuknya ada 2, yang berasal dari arah Garut dan yang berasal dari arah Malangbong.

Untuk arah Timur, saya tidak menyarankan melewati Ciamis, karena akan sangat banyak simpul kemacetan, mulai Cikoneng, Karang Kamulyan, dan Cisaga. Kemacetannya bisa luar biasa panjang.

Pada intinya setiap persimpangan jalan, di situ lah ada kemacetan, jika ditambah saling serobot akan makin asyik  macetnya  hahaha ....

Untuk yang berasal dari arah  Garut, disarankan tidak memasuki Kota Tasikmalaya, tetapi masuk ke jalur lingkar melewati Jl. Mashudi yang keluar di Lanud Wiriadinata, selanjutnya belok kanan ke arah Banjar via Manonjaya.

Jalur lingkar melewati Kota Tasikmalaya
Jalur lingkar melewati Kota Tasikmalaya
Untuk yang dari arah Malangbong, bisa belok kanan di pertigaan Sindang Kasih (lampu merah atau diputar ke arah pasar). Selanjutnya masuk Jl. M. Hatta dan Jl. Ahmad Yani lanjut ke Lanud Wiriadinata dan selanjutnya ke Banjar via Manonjaya.

Jalur dari arah Malangbong menuju Banjar via Manonjaya
Jalur dari arah Malangbong menuju Banjar via Manonjaya
Setelah dari Lanud Wiriadinata menuju Banjar dapat ditempuh dalam waktu berkisar antara 45-60 menit saja, jika melewati Ciamis pengalaman saya pernah sampai 4 jam Tasikmalaya-Banjar.

Hambatan hanya ada sedikit di pasar Manonjaya saja, itupun gak panjang koq.
Buat kawan-kawan yang di kendaraannya ada radio vhf, dapat stand by pada frequensi 145.480 MHz (Lokal Tasikmalaya).

Apabila memerlukan informasi lain terkait rute dapat komentar di sini atau masuk frequensi ORARI Lokal Tasikmalaya, silahkan panggil call sign saya YC1LBQ.

Selamat Mudik Lebaran dan sampai di kampung halaman dengan selamat ya...

1 comment:

  1. It's remarkable to pay a visit this web page and reading
    the views of all friends on the topic of this article, while I
    am also zealous of getting experience.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...