loading...
Loading...

Impresi Mengendarai Honda New CB150R 2018

Di posting blog kali ini, saya tidak akan menulis review Honda CB150R Streetfire, saya hanya akan menuliskan tentang impresi mengendarai sepeda motor Honda New CB150R Streetfire tahun 2018. Saya belum begitu pede untuk me-review kelebihan dan kekurangan sepeda motor New Honda CB150R Streetfire.

Bukan apa-apa sih, karena sudah sangat blog otomotif yang membahas tentang Honda CB150R Streetfire. Pada umumnya blogger otomotif sudah sngat komprehensif membahas kelemahan dan kelebihan sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire.

Selain itu juga, saya baru mengendarai sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire sejauh 50 km dalam seminggu. Jadi belum bisa mengeksplorasi fitur-fitur di sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire.

Honda CB150R Stallion Black special edition. Foto : Astra Honda Motor
Honda CB150R Streetfire Stallion Black special edition. Foto : Astra Honda Motor

Seminggu lalu saya main ke salah satu dealer besar sepeda motor di Tasikmalaya. Kebetulan ada sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire warna Stallion Black Special Edition. Iklan sepeda motor NCB Special Edition di media online memang sangat menarik perhatian.

Karena salah satu alasan saya mendatangi dealer sepeda motor Honda di Tasikmalaya adalah tertarik dengan iklan di situs Astra Honda Motor. Iklan inilah yang membawa saya datang ke dealer, dah akhirnya memesan sebuah sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire warna Stallion Black Special Edition.

Iklan Honda CB150R Stallion Black special edition. Foto : Astra Honda Motor
Iklan Honda CB150R Stallion Black special edition. Foto : Astra Honda Motor

Sehubungan dengan saya bekerja di Kuningan, otomatis ketika week day saya tidak berada di Tasikmalaya. Pihak dealer menawarkan untuk membayar secara non tunai, melalui transfer bank. Akhirnya setelah sepakat harga, saya transfer via internet banking untuk pembelian  1 unit sepeda motor All New Honda CB150R Streetfire warna Stallion Black Special Edition.


Langkah pertama ketika unit sepeda motor di-delivery ke rumah adalah membaca dulu buku petunjuk sepeda motor All New Honda CB150R. Mulai dari bahan bakar yang harus digunakan dan pemakaian mula sepeda motor.

Sebenarnya di buku petunjut tidak secara eksplisit memberikan cara inreyen sepeda motor baru. Tetapi hanya memberikan gambaran awal 500 km pertama mengendari sepeda motor baru.

Pada 500 km awal sepeda motor baru, sebaiknya motor digunakan secara normal. Normal dalam arti, menggunakan bahan bakar sesuai dengan kompresi sepeda motor, tidak melakukan akselerasi dan pengereman secara mendadak, tidak membuka gas secara penuh, dan membebani sepepeda motor dengan berat maksimal 140 kg.

Sesuai dengan buku pentunjuk, bahan bakar untuk sepeda motor All New Honda CB150R adalah bensin tanpa timbal dengan kadar oktan minimal 92. Dengan kompresi sepeda motor di angka 11, sebenarnya ideal menggunakan pertamax plus.

Kesan pertama suara mesin sepeda motor terdengar halus baik di putaran bawah maupun di putaran atas. Akselerasi cepat dan gas terasa ringan.

Dengan postur badan saya dengan tinggi 170 cm dan berat 70 kg. Riding position di All New Honda CB150R serasa agak sedikit sedikit membungkuk. Posisi ini ketika dicoba macet di dalam kota selama sekitar 20-40 menit, tangan sedikit agak pegal karena tertekan berat badan.

Masalah posisi mengendari yang agak membungkuk ini, salah seorang teman saya menyarankan untuk ditambah sedikit modifikasi agar riding position bisa lebih tegak. Tetapi saya tetap mempertahankan posisi seperti ini saja, karena khawatir malah titik berat pindah ke atas yang mengkibatkan penurunan keseimbangan mengemudikan sepeda motor.

Sepeda motor terasa nyaman digunakan untuk manuver di dalam kota. Jangan tanya kalau di jalan mulus dan lurus. Tidak terasa getaran. Mungkin karena ukuran ban sepeda motor yang relatif besar.

Dengan berat badan 70 kg, nampaknya suspensi sepeda motor ANCB terasa cukup empuk, apalagi jika berboncengan.

Yang agak kurang adalah suara klakson sepeda motor All New Honda CB yang tidak stereo alias agak cempreng dan kurang keras hehehe...

Itulah impresi awal mengendarai sepeda motor All New Honda CB150R 2018 Streetfire special edition.

Foto-foto sepeda motor All New Honda CB150R akan segera menyusul deh.

3 comments:

  1. pengalaman yang menarik hehe, dari ceritanya agan diatas, saya jadi tertarik nih buat naikkin nih motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan iklan lho ya, hanya cerita pengalaman mengendarai yg baru 2 minggu hehehe

      Delete
  2. Of course, what a splendid blog and informative posts, I will bookmark your
    blog.Have an awsome day!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...