Booking Hotel by Pegipegi

loading...
Loading...

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Sementara Hingga April 2018

Panorama sunrise yang indah merupakan moment terindah yang selalu diburu oleh pendaki gunung atau travelers. Spot sunrise terbaik di Indonesia diantaranya adalah Puncak Penanjakan Gunung Bromo, Bukit Sikunir Dieng, Puncak Posong dan Gunung Prau.

Dari beberapa spot sunrise ternyata ada 3 spot sunrise terbaik di Dieng. Salah satu golden sunrise terbaik di Dieng adalah di Gunung Prau. Gunung Prau merupakan spot favorit banyak travelers dan pendaki. Hal ini karena Gunung Prau sangat mudah didaki, bahkan oleh pendaki pemula sekalipun.

Di Gunung Prau selain menikmati indahnya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Slamet yang berjejer.
Menikmati sunrise yang indah di Gunung Prau Wonosobo. Foto : Wikimedia.. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Gunung_Prau,_Dieng,_Wonosobo,_Jawa_Tengah,_04072015.jpg
Menikmati sunrise yang indah di Gunung Prau Wonosobo. Foto : Wikimedia.
Untuk menikmati panorama yang indah, ada banyak jalur pendakian resmi Gunung Prau, diantaranya :
  1. Jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal.
  2. Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang merupakan jalur favorit pendaki karena lebih singkat dan cepat.
  3. Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Tetapi bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau dalam waktu dekat, tidak bisa lagi menikmati keindahan sunrise, karena semua jalur pendakian akan ditutup. Pendakian Gunung Prau akan ditutup mulai tanggal 5 Januari-4 April 2018.

Edaran penutupan jalur pendakian Gunung Prau ini disampaikan oleh Administratur/KKPH Kedu Utara Perum Perhutani Divre I Jawa TengahPenutupan jalur pendakian Gunung Prau merupakan hal rutin yang terjadi setiap awal tahun.
Surat edaran Adm/KKPH Kedu Utara terkait penutupan jalur pendakian Gunung Prau. Sumber : Gatra.
Surat edaran Adm/KKPH Kedu Utara terkait penutupan jalur pendakian Gunung Prau. Sumber : Gatra.
Menurut Adm/KKPH Kedu Utara, penutupan jalur pendakian Gunung Prau ini dalam rangka perbaikan jalur pendakian dan penghijauan/konservasi.

Selama penutupan tersebut, perbaikan jalur-jalur pendakian dilakukan oleh basecamp-basecamp. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pendaki setelah masa penutupan. Selain itu, dilakukan juga pembersihan jalur pendakian dari sampah-sampah yang ditinggalkan para pendaki.

Apabila ada yang nekat mendaki Gunung Prau selama masa penutupan, akan dikenakan sanksi Rp 250.000. Sedangkan, bagi basecamp yang tetap memperbolehkan pendakian pada waktu tersebut, juga dikenai sangsi Rp 500.000 per pendaki.

Bagi para pendaki, mari kita bijak dalam menyikapi penutupan jalur pendakian Gunung Prau ini. Diharapkan selama masa penutupan ini, akan terjadi perbaikan ekosistem Gunung Prau.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Loading...