Booking Hotel by Pegipegi

loading...
Loading...

Mengatasi Sendiri Bocor pada AC Rumah

Cuaca lagi gerah gini emang AC sepertinya menjadi kebutuhan pokok deh ... Suhu lingkungan sekitar yang mencapai 28-30 derajat celcius pada siang hari dan kelembaban sampai 70 % memaksa AC harus nyala sepanjang hari.

AC yang terpasang di rumah memang sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah di-service deh ... hahaha .. soalnya selama itu gak ada masalah. Paling banter cuci saringan udara unit indoor AC dan bersihin debu di unit indoor.

[Do It Yourself] Mengatasi bocor unit indoor AC.
[Do It Yourself] Mengatasi bocor unit indoor AC.

Cuma belakangan hari unit indoor ini seperti berembun dan mulai menetes. Memang sih gak setiap hari seperti itu. Cuma yang ngeselin adalah kadang baju yang menggantung di bawah unit indoor AC jadi basah.

Setelah cari info dan browsing ke mana-mana, yang dicurigai penyebabnya kemungkinan adalah lubang drain yang tersumbat. Jadi embun atau tetesan air dari sirip-sirip pendingin menjadi tersumbat dan meluber netes ke bawah. Itu, dugaan awal yang paling ringan dan mudah-mudahan gak ada kerusakan serius.

Akhirnya nekat bongkar unit indoor AC. Tujuan utamanya bersihin filternya aja. Kalo sempet buka tutup AC dan bersihin debu yang sudah menumpuk.

Akhirnya filter AC beres dan memang di saluran drain banyak sekali debu menumpuk. Dengan menggunakan sedotan limun besar dan vacuum cleaner disedot lah itu tumpukan debu.

Setelah semua dianggap beres, tutup AC dipasang lagi dan dicoba. Ya ... AC menjadi lebih wangi dan lebih dingin dan semoga gak bocor lagi deh hehehe .... ,kalo masih bocor artinya harus panggil tukang service AC asli hahaha ...

4 comments:

  1. Terimakasih infonya, jadi intinya rajin membersihkan AC ya..

    ReplyDelete
  2. Wah mas ery punya bakat nih, kl aku bongkar ac nggak bakal bisa masang lagi, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. darurat Mbak dan dalam rangka pengiritan hahaha...
      klo bongkar tidak bisa pasang sih tinggal panggil tukang AC asli hahaha

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...