loading...
Loading...

Ketika Musim Durian Tiba

Durian atau istilah kerennya King of Fruit atau Durio zibethinus memang terkenal sangat lezat dan rasanya sangat spesifik. Spesifik dari mulai warna, bau dan rasa. Bau dan rasa ini terkait dengan kandungan alkohol di dalam buah durian. Buah durian ini biasanya memiliki nama yang unik, misalnya Duren si PetrukDuren LaiDuren MatahariDuren SukunDuren OtongDuren GundulDuren BokorDuren Tembaga, dan DurenAjimah. Itu untuk varitas durian lokal, sementara untuk durian impor dikenal ada Durian Monthong.

Duren atau Durian jatuhan.
Duren atau Durian jatuhan.

Musim durian biasanya antar bulan Januari-Februari setiap tahunnya. Pada bulan-bulan itu, hampir di semua tempat yang memiliki kebun durian dipastikan akan sangat banyak durian dijual oleh petani langsung di pinggir jalan. Seperti karakter produk-produk pertanian pada umumnya, ketika musimya tiba  maka harga akan sangat murah dibanding ketika tidak musim. Jadi, pinter-pinterlah menawar, ketika ditawarkan Rp 50rb/buah, maka tawarlah menjadi Rp 50rb/3 buah.

Untuk sekitar Tasikmalaya, pusat-pusat kuliner buah durian biasanya ada di sekitar Sukaraja (Tasikmalaya), Benteng (Ciamis), Gayam-Banjarsari (Ciamis), Cibunian (Pangandaran) dan Cikembulan (Pangandaran).

Selamat menikmati musim durian.

2 comments:

Terima kasih telah berkomentar

Loading...