loading...
Loading...

Tips Berlibur ke Taman Wisata Guci-Tegal

Seperti sudah saya tulis di Liburan Keluarga ke Taman Wisata Air Panas Guci-Tegal, memang Guci memiliki karakter yang unik. Salah satunya adalah ada di ketinggian dan di lereng Gunung Slamet yang masih aktif. Selain itu, ketika cuaca seperti sekarang ini yang hujan terus menerus memerlukan kiat khusus agar nyaman berwisata di Guci.
View salah satu lembah di Guci
View salah satu lembah di Guci
Kondisi topografi yang curam karena berada di ketinggian, dipastikan geometri jalan berkelok dan memiliki tanjakan dan turunan curam. Kondisi itu, mengharuskan mobil atau motor dalam kondisi baik, baik itu mesin, sistem kemudi, dan rem.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengemudi harus cukup baik, mengingat sebegian besar jalan berkelok dan bertopografi curam, ditambah lagi beberapa bagian jalan tanpa pagar pengaman di atas jurang.
Tips Berlibur ke Taman Wisata Guci-Tegal
Geometri jalan yang berkelok dan curam ditambah lagi sebagian tanpa pagar pengaman

Konsekuensi berada di ketinggian adalah suhu yang rendah. Kondisi ini mememerlukan persiapan berupa pakaian tebal dan selimut yang memadai. Karena resiko dingin adalah terkena hipotermia, atau menurunnya suhu tubuh.

Ketika peak sesion dan musim hujan, pastikan booking hotel dari jauh hari. Mengingat hotel yang memiliki fasilitas yang baik hanya ada beberapa saja di Guci. Ketika hujan kan tentunya harus berdiam di hotel, jadi pilihlah hotel dengan fasilitas yang lengkap, paling tidak ada kolam renang air panas, sehingga bisa berenang setiap saat tanpa bayar lagi.
Tips Berlibur ke Taman Wisata Guci-Tegal
Kondisi pemandian umum yang padat sangat membuat tidak  nyaman
Selain booking hotel dengan fasilitas lengkap, usahakan mengetahui jalur alternatif di dalam obyek wisata Guci. Karena pada saat peak season, jalanan macet dan parkir penuh.

Jalur alternatif menuju ke Pancuran 13 adalah berbelok ke arah Barat pada koordinat S7.18697 E109.16100. Dengan jarak hanya 1,8 km sudah langsung ke parkiran di dekat Pancuran 13.
Tips Berlibur ke Taman Wisata Guci-Tegal
Jalan menuju ke tempat parkir langsung di dekat Pancuran 13
Tips Berlibur ke Taman Wisata Guci-Tegal
Tempat parkir utama yang penuh banget
Yang terakhir, jangan malu untuk bertanya atau ngobrol dengan penduduk setempat. Biasanya mereka akan memberikan informasi yang cukup baik terkait obyek wisata Guci.
Mbah pemilik Warung Pojok di parkiran utama yang banyak cerita tentang Guci
Mbah pemilik Warung Pojok di parkiran utama yang banyak cerita tentang Guci
Jangan lupa menikmati kuliner yang gak ada di tempat lain ya ...
Sate Kelinci, kuliner khas selain sate kambing muda khas Guci
Sate Kelinci, kuliner khas selain sate kambing muda khas Guci

10 comments:

  1. Wah kudu nyobain berlibur ke Tegal nih

    ReplyDelete
  2. duhh..pengen banget ngerasain sate kambing di guci..pastinya enakk tuhh..hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate kambing muda balibul tuh yg terkenal di daerah wisata guci tegal Mbak ...

      Delete
  3. Wahh rame banget ya itu tempatnya. Tempat wisata keluarga sip banget iNi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena peak season ya Mbak jadi rame banget, kolam udah kayak cendol aja hehehe

      Delete
  4. kalau saya sebisa mungkin ke tempat wisata di hari biasa, kalau weekend macet dan ramainya ngga ketulungan Dx

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali Mbak, kalau ke Guci lebih nyaman hari biasa, tapi kalo hari biasa, anak2 gak bisa liburan hehehe

      Delete
  5. Wow, kolam umumnya penuh banget kayak gitu ya 😁 ...
    Aku pernah ke sini di hari biasa, dan ngga gitu rame ...
    jadi bisa renang bolak balik di kolam air panas 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali waktu pengin nyoba di hari biasa,nampaknya akan lebih nyaman

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Loading...